Friday, June 23, 2017

Pengertian Wordpress dan Sejarahnya


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

apa sih wordpress itu ?
Baiklah.. Sebelumnya, saya ingin meluruskan pandangan mengenai blog, WordPress, dan website.
Semua yang ada di internet disebut Website. Website sendiri pun juga banyak ragamnya, seperti forum website, social networking, social bookmarking, search engine, online store, dll, termasuk blog.
Jadi bisa dikatakan, blog itu sendiri adalah website, dan merupakan bagian dari ragam jenis website.Jenis-jenis penyedia blog pun juga banyak. Ada WordPress, Blogger, Typepad, Tumblr, Vox, Multiply, dll.Secara mudahnya bisa dijelaskan bahwa WordPress merupakan bagian dari blog, dan blog merupakan salah satu dari jenis-jenis website.

Sejarah WordPress

WordPress menjadi CMS paling populer saat ini, digunakan oleh lebih dari 12% dari 1 juta website yang tersebar di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan WordPress memiliki banyak fitur, seperti template serta arsitektur plugin yang beragam. Pertama kali, WordPress dikembangkan oleh Matt Mullenweg yang saat ini masuk ke dalam jajaran 30 Under 30 inc.com, 25 Most Influential People on the Web Business Week, dan Top 50 People on the Web PC World.
Pada tahun 2002, Matt yang biasa menulis blog di b2 (bbpress.org) tidak beroperasi lagi, kemudian memiliki ide untuk mengembangkan blogware sendiri, namun tetap mengikuti standar website dengan struktur baik dan nuansa bersih. Keinginan tersebut semakin kuat saat tahun 2003 dimana Matt mengajak salah seorang rekannya, Mike Little untuk mulai mengembangkan WordPress. Hal ini pada akhirnya membuat pengembang b2, Michel Valdrighi, bergabung bersama Matt dan Mike Little.
Lalu apa itu WordPress blog?
Blog berasal dari kata web log, yang secara sederhana juga berarti jurnal online. Jadi WordPress blog adalah jurnal online yang ditulis menggunakan aplikasi WordPress.
WordPress blog berisi:
    • Blog post, yaitu kumpulan artikel yang ditulis berdasarkan urutan waktu. Sering juga disingkatpost atau disebut dengan postingan. Blog post ini merupakan bagian utama dari sebuah blog(blog content).
    • Blog page, yang merupakan halaman statis dan tidak berdasarkan kronologi urutan waktu.
    • Blog comment, yaitu komentar yang diisi oleh pengunjung blog.
    • RSS feed, atau sering disebut RSS (Rich Site Summary), yang berisi ringkasan dari keseluruhan isi blog Anda, dan bisa dibagikan ke website lain.
Semakin sering blog Anda di update, maka kemungkinan muncul di halaman pertama google akan semakin besar.
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

0 comments:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com